..

Friends FOREVER
Image by Cool Text: Logo and Button Generator - Create Your Own

Tuesday, November 16, 2010

Tips dan Trik Membuka Bisnis Toko Bangunan

Bookmark and Share

Tips dan Trik Membuka Bisnis Toko Bangunan

 Pertumbuhan pembangunan yang ada di negara kita, memberikan keuntungan tersendiri bagi beberapa pelaku bisnis. Misalnya saja pelaku bisnis properti, jasa kontraktor, serta produsen maupun distributor bahan bangunan yang banyak dicari para konsumen, seiring dengan pembangunan perumahan maupun gedung – gedung yang saat ini berkembang.

Memulai usaha dengan membuka toko bangunan, merupakan salah satu pilihan tepat bagi pencari usaha baru. Karena bisnis ini akan selalu dibutuhkan, selama masih ada pembangunan di sekitar kita. Besarnya peluang meraup untung dari bahan bangunan, menarik minat para pencari usaha untuk membuka toko bangunan. Tak heran jika saat ini toko bangunan sudah banyak bermunculan di pasaran, dan persaingan pasarnya pun sudah cukup tinggi.
Untuk memenangkan persaingan pasar, Anda harus memberikan nilai lebih pada toko bangunan yang Anda jalankan. Agar toko Anda tidak kalah bersaing dengan toko bangunan yang sudah lama buka, berikut kami berikan tips dan trik membuka bisnis toko bangunan :
  • Sebelum Anda membuka toko bangunan, sebaiknya pilih lokasi usaha yang strategis. Maksud dari strategis, tidak hanya ramai dilalui orang saja. Namun perhatikan pula sekitar lokasi, usahakan pilih lokasi yang ramai dilalui orang tetapi juga dekat dengan pemukiman warga yang dimungkinkan masih membutuhkan pembangunan. Karena dengan dekat pemukiman, adanya peluang konsumen yang mencari bahan untuk membangun rumah maupun untuk memperbaiki rumah mereka yang rusak, lebih besar dibanding lokasi yang ada di sekitar kawasan industri. Pemilihan lokasi yang strategis, akan membantu pemasaran toko bangunan Anda.
  • Untuk mengenalkan usaha toko bangunan yang sedang Anda buka, sebaiknya adakan acara launching toko dengan mengundang warga sekitar. Spanduk besar yang dipasang di depan toko bangunan, serta karangan bunga ucapan selamat dari rekan Anda menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga para konsumen mengetahui keberadaan toko bangunan Anda yang sedang dibuka. Selanjutnya untuk proses promosi bisnis, dapat didukung dengan memberikan potongan harga atau bonus bagi konsumen untuk pembelian diatas harga tertentu. Bonus bisa berupa kalender, kaos, payung, atau jam dinding yang berlogokan toko bangunan Anda.
Perhatikan kebutuhan pasar akan bahan bangunan. Misalnya bila sedang banyak pembangunan rumah, permintaan akan semen, pasir, batu bata serta besi, akan meningkat. Untuk itu pada musim tersebut, tambahkan persediaan bahan bangunan. Atau saat memasuki musim penghujan, biasanya banyak rumah yang saluran pipa airnya rusak, jadi sebaiknya Anda lebih menambahkan persediaan peralon atau pipa air untuk memenuhi permintaan yang meningkat. Contoh lainnya dapat ditemui saat menjelang perayaan hari penting, seperti saat menjelang perayaan HUT Republik Indonesia kebutuhan akan cat cenderung meningkat dibanding hari – hari biasanya. Jadi Anda sebaiknya memperhatikan permintaan pasar yang sering berubah sesuai dengan musimnya, upayakan untuk memilih barang yang mudah dijual pada tiap musimnya.
  • Selalu berikan pelayanan yang bersahabat bagi setiap konsumen, kebanyakan toko bangunan yang sepi. Melakukan kesalahan pada pelayanan mereka, pelayanan ramah hanya diberikan kepada konsumen yang sudah pasti membeli saja. Sedangkan konsumen yang sekedar bertanya saja, namun belum pasti membeli biasanya dilayani dengan seenaknya. Kebiasaan buruk ini akan membuat konsumen malas untuk kembali ke toko Anda. Informasikan pula jam buka toko Anda kepada konsumen, sehingga konsumen tidak kecewa jika datang ke toko ternyata tutup. Untuk toko bangunan biasa dibuka dari jam 08.00 sampai jam 17.00 setiap harinya.
  • Pilihlah bahan bangunan yang berkualitas, karena material bangunan mempengaruhi kekuatan, keamanan dan keawetan suatu bangunan. Contohnya untuk bahan bangunan seperti pasir, pilih yang berbutir tajam dan tidak mengandung bahan organis maupun lumpur. Sedangkan untuk batu kerikil pilih batu yang keras dan tidak berpori dengan bentuk yang tajam. Pengetahuan mengenai ciri bahan berkualitas untuk semua produk, sangatlah penting. Demikian informasi mengenai tips dan trik dalam membuka toko bangunan. Semoga tips dan trik diatas, dapat membantu Anda yang sedang mencoba bisnis toko bangunan. Salam sukses.

 

No comments:

Post a Comment