..

Friends FOREVER
Image by Cool Text: Logo and Button Generator - Create Your Own

Saturday, July 16, 2011

UI Akan Bangun RS Internasional di 2011

Bookmark and Share

UI Akan Bangun RS Internasional di 2011

DEPOK - Universitas Indonesia (UI)  akan mulai membangun Rumah Sakit (RS) di lingkungan kampus UI Depok pada sekitar akhir 2011 mendatang. RS berskala internasional ini akan berada dekat dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dan Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK).

Deputi Sekretariat Pimpinan UI Devie Rahmawati mengatakan, saat ini perencanaan dan persiapan pembangunan rumah sakit terus dilakukan dan sudah mencapai sekitar 75 persen. UI, kata Devie, masih menentukan pemilihan desain rumah sakit dan cenderung tidak terburu–buru.

”RS ini akan menjadi sebuah rumah sakit yang sangat baik dan berskala internasional. Kami akan bangun pelan–pelan ,” ujarnya saat berbincang dengan okezone.

Devie menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) untuk mengembangkan rumah sakit UI. Sumber daya manusia yang akan dikerahkan, lanjut Devie, akan memberdayakan mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG).

”Tetap integrasi antar fakultas, serta dengan RSCM karena kami tidak sendirian. Nantinya FKUI pindah ke Depok, FKG juga. RSUI juga akan bermanfaat bagi masyarakat Depok, serta melayani pasien dengan jamkesmas,” tandasnya.

Tim pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Indonesia (UI) juga sudah pernah melakukan studi banding dengan pihak Universitas Airlangga  (Unair ) Surabaya . Tujuannya untuk memperoleh gambaran yang rinci, baik tentang segi perencanaan, teknis, konstruksi kerumahsakitan, dan pendanaan, dari Rumah Sakit Pendidikan UNAIR yang kini sudah beroperasi. RS tersebut sudah dilengkapi  berbagai instalasi canggih dan piranti rumah sakit modern, yang akan digunakan nantinya.

Menurut Ketua Tim RS Pendidikan UI, Drs. Ak. Tafsir Nurhamid, M.Si., Unair dipilih karena merupakan PTN pertama di Indonesia yang memiliki atau sudah membangun rumah sakit pendidikan. ”Pembangunan RS Pendidikan di Airlangga ini sangat bagus, peralatannya canggih, dan perencanaan anggarannya pun matang. Tapi memang tidak semua yang bisa dijalankan di sini, bisa dijalankan pula di UI, jadi kami hanya mencontoh apa-apa yang bisa kami laksanakan di Jakarta,” kata Wakil Rektor II UI itu.
 Dalam kunjungan studi banding kemarin, hampir semua masalah teknis ditanyakan, mulai perencanaan, tender proyek, perencanaan anggaran, detil konstruksi, penyediaan air bersih, penyediaan listrik, kebutuhan telepon, sistem pengolahan limbah, dsb. Tim UI yang datang terdiri dari berbagai bidang, seperti bidang instalasi/kelistrikan, peralatan medis dan kerumahsakitan, arsitektur, termasuk konsultannya

Untuk permasalahan infrastruktur , kampus UI memiliki lahan yang sangat luas sekali, jalan yang bagus , dan bis kuning (Bis khusus di lingkunang UI) yang selalu beroperasi berkeliling ke seluruh kampus yang ada di dalam UI  disamping itu disekeliling UI Depok sudah banyak proyek apartemen untuk tempat tinggal sementara para dokter, dosen , mahasiswa  , keluarga pasien rawat inap . misalnya Apartemen Taman Melati Margonda yang letaknya hanya beberapa ratus meter dari lokasi Rumah Sakit UI Depok

sumber :  http://kampus.okezone.com dan http://warta.unair.ac.id

No comments:

Post a Comment