..

Friends FOREVER
Image by Cool Text: Logo and Button Generator - Create Your Own

Sunday, January 23, 2011

Celah antara Go Daddy dengan Paypal

Bookmark and Share
Waspadalah…waspadalah…!!!
Ungkapan berikut mungkin memang sangat benar, karena kejahatan setiap saat bisa terjadi dimanapun dan kapanpun, bahkan di dunia internet yang sarat dengan aliran uang, sangat-sangat rawan dengan kejahatan setiap hari bila kita tidak berhati-hati.
Percaya ato tidak, bahkan perusahaan sebesar Paypal dan Godaddy pun mempunyai celah yang bisa dipergunakan oleh para scammers untuk “merampok” kita. Mereka tidak mempunyai pengamanan yang efektif yang bisa melindungi kita selaku penjual. Dan ini membuat kita membayar cukup mahal untuk pengalaman itu.
Pengalaman adalah guru yang sangat ampuh memang, tapi juga terkadang harus dibayar dengan cukup mahal, untuk mendapatkan pengalaman itu. Jadi waspadalah..waspadalah..!!!
Hari ini aku hanya pengin berbagi dan memberikan warning khusus bagi temen2 yg suka jual-beli domain di Forum terutama bila menggunakan jasa Paypal untuk pembayaran dan jasa Godaddy untuk registrar dan push the domain. Anda harus extra hati-hati, karena diluar sana banyak berkeliaran para penjahat dan scammer yang bisa mengambil domain anda tanpa perlu membayar sepeserpun. Lho kok??
Yup, dengan perlindungan penjual yang sangat minim di Paypal dan Godaddy, sangat mudah bagi para scammer untuk mengambil domain anda tanpa harus membayar sepeserpun. Dan itu aku juga turut mengalami.
Mungkin temen2 di forum adsense-id atopun di adsense-sby, pasti tahu klo aku suka leles (mulung) ato apalah domain2 bekas di Godaddy, dengan ikut keanggotaan TDNAM di Godaddy dan bekal beberapa dollar di Paypal, aku bisa melipat gandakan nya dengan jual beli domain bekas. Kebanyakan paypal aku dapetin dari bisnis paid review dan aku lipat gandakan dengan jual beli domain. Hasilnya cukup memuaskan meskipun berkali-kali jatuh di lobang ..hehe.
Kulakan domain bermutu emang susah-susah-gampang, dan lagi-lagi kadang emang kita harus membayar pengalaman dengan cukup mahal, karena terlanjur beli domain dengan pagerank fake ato ternyata abis beli domain, ternyata pagerank nya kena penalti ato disikat abis kena update pagerank. Tapi secara umum sih bisnis jual beli domain cukup menyenangkan dan menghasilkan. Dengan catatan anda punya pengetahuan dan pengalaman tentang domain bermutu, diluar itu jangan coba2.
Kembali ke topik….
Kemaren aku jual domain di forum digital point, domain tersebut cukup berharga karena meskipun di checkpagerank statusnya fake PR4, tapi dia punya backlink dr Wikitravel dengan pagerank 5. Cukup berharga karena klo ditawarkan bisa ratusan dollar harganya. Singkat cerita aku tawarkan dengan harga 100$ di forum digital point. Beberapa orang sudah menawar baik via PM (personal message) maupun lgs di thread, tapi belum ada yang mau beli dengan 100$, namun tidak lama akhirnya ada yang mau beli di angka 100$.
Tanpa pikir panjang, aku langsung deal. Gimana enggak aku beli domain tersebut di TDNAM hanya 12$, wah bisa dapet untung sampe 88$ klo lancar..hehe. Akhirnya proses jual beli lancar, duit dah ditransfer pake Paypal dan aku langsung push domain nya pake Godaddy. Pikirku dah beres, duit dah masuk ke paypal sebanyak 100$.
Eh, ternyata besoknya pas buka email ada email dari Paypal, bilang klo duit yg 100$ ditahan oleh Paypal, karena itu berasal dari pembayaran kartu kredit yg un-autorized oleh pemiliknya, jadi si pemilik kartu kredit minta di chargeback duitnya. Wah bahaya nih pikirku, akhirnya aku email ke Paypal untuk menjelaskan proses jual beli-nya, begitu pula di Godaddy aku juga minta untuk men-cancel transaksi tersebut. Jawabnya ??
TIDAK BISA..!!
Kedua perusahaan super besar tersebut, tidak bisa membantu-ku, klo Paypal dia menolak karena alasan domain adalah produk itangible jd gak ada proteksi nya dan Paypal menolak untuk memberikan data pribadi si pemilik dari credit card tersebut, sedangkan si Godaddy setali tiga uang artinya tidak beda jauh, karena transaksi jual beli dilakukan di luar TDNAM account, jadi Godaddy tidak bs membantu mengembalikan domain tersebut, dan menyarankan untuk mengajukan kasus nya ke ICANN.ORG ..bah..!! makin ribet urusannya, lha wong bahasa linggis masih gradul-gradul suruh ngadu ke ICANN, akhirnya ??
Ikhlas..!!
Trus, penginnya sih agar tidak meraja lela tuh si scammer di forum DP, akhirnya aku buat thread mengenai kasus ini disini. Dan hasilnya … aku kena infractions (peringatan alias BRP klo di kaskus) dari admin di forum DigitalPoint dan thread nya langsung di CLOSED…hiks..udah jatuh tertimpa tangga…menyebalkan sekali..
Yah, itulah…
Terkadang, pengalaman emang cukup mahal harganya.. jadi waspadalah..waspadalah…
Saranku sih, klo transaksi jual beli domain di Forum dalam negri usahakan menggunakan uang lokal ato transfer, ini jauh lebih safe dan efisien, tanpa potong biaya-biaya macem2 dr Paypal. Trs klo transaksi di forum bule kayak namepros ato digitalpoint, mendingan jangan pake paypal untuk transaksi dengan nominal gedhe, pake moneybookers ato minta jasa escrow. Ini jauh lebih efisien dan agak aman. Tp klo terpaksa harus pake paypal berikut tips dari saya :
  1. Minta-lah agar mereka pake Paypal balance bukan credit card.
  2. Cari pembeli dengan status verified Paypal user.
  3. Klo bisa minta nama, alamat, post code, phone dan email di Godaddy untuk alasan push domain, tapi anda bisa pake data ini untuk dicocokkan dengan data di Paypal
  4. Klo bisa juga, minta proses push domain setelah 24 jam, artinya anda punya waktu untuk memindahkan ato mencairkan Paypal.
  5. Berdoa sebanyak-banyaknya…agar tidak di SCAM
Semoga posting-ku kali ini bisa berguna bagi siapa saja, yang hendak bertransaksi di Internet. Tingkatkan kewaspadaan hingga 1000%, klo tidak..bersiaplah dirampok oleh para scammer..
Pssttt…aku denger2 sih, si scammer ini orang Nigeria dengan bahasa inggris yg gradul2 dan gak lancar…hampir sama dengan para Spammer di email yg biasanya ksh info mau pindahkan duit puluhan ribu dollar dari negara mereka..

Artikel terkait

1. Celah antara Go Daddy dengan Paypal

2. Fakta menarik tentang GoDaddy.com

3. Cara membeli domain expire berpagerank di Godaddy















No comments:

Post a Comment