..

Friends FOREVER
Image by Cool Text: Logo and Button Generator - Create Your Own

Friday, February 6, 2009

Faktor umur sebuah domain untuk optimisasi search engine

Bookmark and Share

Faktor umur sebuah domain untuk optimisasi search engine 

 

Salah satu faktor yang menentukan hasil dalam algoritma search engine Google adalah umur sebuah domain. Umur domain memberikan sebuah sifat kemampuan bertahan hidup, sehingga memberikan skor relevansi yang lebih tinggi dalam pencarian di search sengine.
Akibat dorongan oleh banyaknya situs-situs spam yang salah satu cirinya adalah cepat menghilang atau mati, maka umur domain umumnya menjadi sebuah tanda apakah situs tersebut termasuk situs bisa dipercaya atau tidak. Kita juga melihat hal yang sama dalam dunia bisnis. Meskipun banyak toko-toko baru bermunculan tetapi orang cenderung pergi dan percaya pada toko yang sudah lama berada di sana. Hal yang sama berlaku juga untuk website.
Dua hal yang harus dipertimbangkan dalam umur nama domain:
  • Umur website
  • Jangka waktu pendaftaran domain
Umur website dilihat dari seberapa lama konten situs tersebut sudah berada di internet, seberapa lama situs tersebut sudah dipromosikan, dan kapan terakhir kali konten diperbaharui. Jangka waktu pendaftaran domain diukur bukan hanya melalui tanggal aktual, tetapi juga oleh seberapa lama domain itu didaftarkan. Beberapa domain ada yang hanya didaftarkan untuk satu tahun, sementara yang lain ada yang didaftarkan untuk 2, 5, atau bahkan 10 tahun.
Pada berita terbaru dari Google, terjadi peningkatan faktor pentingnya umur; umur incoming link, umur konten, dan tanggal registrasi domain. Salah satu cara Google dalam memerangi spam adalah dengan memberikan jangka waktu menunggu selama 3-4 bulan kepada website baru, sebelum diberikan nilai Page Rank. Ini disebut sebagai "sandbox effect". Disebut sandbox effect karena Google ingin melihat keseriusan situs tersebut untuk tetap bertahan di internet. Jadi Google meletakkan semua situs baru ke dalam sebuah kotak lalu membiarkannya bertumbuh. Jika situs-situs baru tersebut sudah bisa 'berbicara' maka mereka sudah bisa disebut "dewasa" dan tidak dianggap lagi sebagai situs baru.
Apa ini artinya bagi anda? Bagi anda yang memiliki situs baru, anda mungkin kecewa mendengar berita ini, tetapi jangan khawatir. Terdapat beberapa hal yang bisa anda lakukan sembari menunggu periode menunggu berakhir. Anda bisa melakukan kegiatan untuk berkonsentrasi pada strategi pembuatan backlink, mempromosikan situs melalui PPC, artikel, RSS feed, dll. Seringkali, setelah periode menunggu berakhir, anda sudah diberikan nilai Page Rank yang tinggi!
Meskipun umur domain menjadi salah satu faktor tetapi banyak orang percaya itu hanya memberikan sedikit bobot pada perhitungan algoritma. Karena umur domain adalah sesuatu yang tidak bisa anda kendalikan maka anda harus bekerja keras membangun kepopuleran situs dan berkonsentrasi pada faktor-faktor yang bisa anda kontrol seperti inbound link dan jenis konten website.
Jadi apa yang akan terjadi jika anda merubah nama domain anda? Apakah itu artinya anda harus mulai dari awal lagi dan dipertimbangkan sebagai situs baru? Tidak selalu. Terdapat beberapa cara yang bisa menolong anda memastikan bahwa situs anda tidak akan hilang dalam hasil pencarian search engine hanya karena faktor umur domain.
  • Pastikan anda mendaftar nama domain untuk jangka waktu selama mungkin. Banyak registrar mengijinkan anda mendaftarkan nama domain untuk jangka waktu 5 tahun, bahkan lebih. Pendaftaran untuk periode yang lama, memberikan indikasi bahwa situs anda memiliki kecenderungan untuk akan bertahan lama di internet, dan tidak akan hilang dalam waktu beberapa bulan. Ini akan menolong meningkatkan skor anda.
  • Pertimbangkan untuk mendaftarkan nama domain meskipun anda belum membutuhkannya. Meskipun anda belum mempunyai suatu konten, masih dalam tahap pengembangan atau takut orang lain mendahului mendaftarkan nama domain anda, tetapi membeli nama domain yang menarik tidak akan membuat anda rugi.
  • Pertimbangkan untuk membeli nama domain yang pernah dimiliki sebelumnya. Cara ini tidak hanya untuk menghindari sandbox effect tetapi juga membuat anda mendapatkan Page Rank yang sudah ada sebelumnya. Tetapi anda juga harus waspada, karena hampir semua nama domain yang pernah dimiliki sebelumnya, berharga mahal. Tetapi meskipun begitu harganya setimpal dengan apa yang akan anda dapatkan.
  •  
 Artikel terkait 

1. Celah antara Go Daddy dengan Paypal

2. Fakta menarik tentang GoDaddy.com

3. Cara membeli domain expire berpagerank di Godady

4.  Biaya Bikin Blog (Gratis vs Bayar)

5  Cara Mengetahui Umur Domain Sebuah website/Blog

 

 

No comments:

Post a Comment